X
thumb-VOTE
Hot News / 3 November 2014
ICEMA 2014 Umumkan Daftar Nominasi Dan Porses Voting
Voting akan dimulai pada 1 November 2014 dan berakhir 21 November 2014.

Indonesia Cuting-Edge Music Awards (ICEMA) 2014 yang diselengarakan setiap dua tahun sekali kini telah mengumumkan daftar artis peraih nominasi sekaligus memasuki tahap pemungutan suara (voting) yang akan dimulai pada 1 November 2014 dan berakhir 21 November 2014. Tahun ini khusus mengambil tema “Celebrating 20 Years Of Independent Music Movement.”

Pihak Komite ICEMA 2014 telah menerima pendaftaran dan mendata lebih dari 60 lagu sepanjang periode 24 bulan terakhir (1 Agustus 2012 – 31 Juli 2014) dari artis atau band yang tersebar dari berbagai penjuru Indonesia.

Dalam ICEMA 2014, total terdapat 20 kategori penghargan yang akan diberikan, 14 kategori berdasarkan Genre Musik, 4 kategori Favorit dan 2 kategori Khusus yaitu Kategori Best Album dan Lifetime Achievement Award dimana para peraih pengharganya akan diputuskan oleh Dewan Juri ICEMA 2014.

“Daftar nominasi tahun ini dihasilkan dari sebuah proses menyimak dengan cermat ratusan lagu yang masuk serta diwarnai adu argumentasi panjang selama beberapa pekan oleh angota Tim Kategorisasi ICEMA 2014,” ujar Wendi Putranto, Ketua Dewan Juri ICEMA 2014. “Semoga nominasi kali ini mencerminkan kemajuan pesat musicianship serta estetika komunitas pembuat musik berbakat di Tanah Air yang mewakil keungulan di bidangnya masing-masing. Satnya kini pengemar musik Indonesia ikut memilh siapa saja artis yang layak menjadi favorit untuk meraih penghargan musik bermartabat.”

Ada dua jenis pemungutan suara yang dilakukan oleh ICEMA 2014 untuk menentukan para peraih penghargan ini nantinya, yaitu secara terbuka oleh para pengemar musik dan secara tertutup oleh para angota dewan juri yang telah dipilh sebelumnya oleh pihak komite. Seluruh proses pemungutan suara ini dilakukan secara online melaui situs resmi www.icema.co.id. Suara yang masuk akan ditabulasi oleh Komite ICEMA 2014 pada 21 November dan hasilnya dirahasiakan hinga nantinya akan diumumkan saat Malam Anugerah ICEMA 2014 pada 18 Desember 2014. Lokasi penyelengaran acara tersebut akan diumumkan kemudian oleh Komite ICEMA 2014.

Periode pemungutan suara secara terbuka oleh publik diperuntukan guna menentukan artis peraih penghargan dari kategori “The Most Favorite Track ICEMA 2014”, “The Most Favorite Group, Band or Duo” dan “The Most Favorite Solo Artist.”

Untuk Kategori “Favorite New Comer” (FNC), voting digunakan untuk menentukan 10 Besar dimana nantinya Dewan Juri ICEMA 2014 akan memilh maksimal 10 pemenang berdasarkan beberapa kriteria teknis yang telah disepakati bersama oleh Dewan Juri yaitu aransemen musik & lirk, aspek komunikatif (musik sebagai bentuk komunikasi dengan pesan yang dapat dipahami dan diterima oleh publik) dan karakter (karakter musik yang berasal dari masing-masing band/musisi) serta orisinalitas atau keaslian hasil karya musik. Hinga hari ni, telah terkumpul 30 band dan musisi yang mendaftar di kategori FNC yang tersebar hampir di seluruh Indonesia dan diharapkan akan terus bertambah menjelang penutupan pendaftaran pada 21 November 2014 nanti.

Sebelum dilakukan tahap pemungutan suara besok, ICEMA 2014 mengumumkan daftar nominasi dari para artis calon peraih penghargan yang telah dipilh oleh Dewan Juri Tetap ICEMA 2014 yang diketuai oleh Wendi Putranto (Executive Editor Roling Stone Indonesia) dan berangotakan David Tarigan (pengamat budaya kontemporer), Sandra Asteria (Music Editor Guvera Indonesia), Deny Sakrie (Pengamat Musik Indonesia), Eric Wirjanata (founder DEATHROCKSTAR), Harlan Boer (Musisi dan pelaku skena non- mainstream) dan Indra Ameng (Pengiat acara dan skena musik non-mainstream).

Dalam proses pemungutan suara bagi para artis peraih nominasi tersebut, Dewan Juri Tetap ICEMA 2014 akan dibantu oleh Angota Dewan Juri ICEMA 2014 yang terdir dari 35 nama pengiat musik yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bogor, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Makasar, Medan dan Palembang.

Indonesia Cuting-Edge Music Awards (ICEMA) adalah ajang penghargan yang diberikan sebagai upaya meningkatkan apresiasi dan publikasi bagi para musisi Indonesia yang memilki semangat pembaruan dalam menciptakan karya musik dengan bentuk-bentuk ekspresi baru, lewat penjelajahan musikal yang beraneka-ragam, sehinga menawarkan pilhan-pilhan baru akan karya musik berkualitas kepada publik di Tanah Air. ICEMA pertama kali digelar pada tahun 2010 dan kini telah memasuki penyelengara n untuk yang ketiga kalinya. Daftar nominasi dari 18 kategori penghargan yang ada di ICEMA 2014 bisa dilihat disini.